Konsolidasi Pengadaan Barang / Jasa Pemerintahan


Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI melalui kegiatan Monitoring Center Of Prevention (MCP) Program Koordinasi dan Supervisi Pencegahan Korupsi (Korsupgah) melakukan koordinasi, monitoring, pendampingan kepada Pemkot Singkawang terkait pemberantasan korupsi terintegrasi, koordinasi KPK RI ini merupakan upaya pencegahan terjadinya tindak pidana korupsi khususnya di lingkup pemerintahan kota Singkawang. Konsolidasi Pengadaan barang dan jasa menjadi salah satu aspek yang di monitoring dan dilakukan pendampingan yang menjadi perhatian utama KPK. Berdasarkan Perpres Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, Konsolidasi Pengadaan Barang/Jasa adalah strategi Pengadaan Barang/Jasa yang menggabungkan beberapa paket Pengadaan Barang/Jasa sejenis. Dimana diharapkan dengan dilaksanakannya konsolidasi paket pengadaan, maka dapat menciptakan pengadaan barang dan jasa yang efisien.

Untuk itu UKPBJ Kota Singkawang melakukan rapat persiapan pada 6 Agustus 2020 bertempat di ruang rapat asisten 2 bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Singkawang yang dihadiri oleh 10 perangkat daerah yang jadi pilot projek penerapan konsolidasi paket, yang diwakili oleh Sekretaris Dinas, PPK dan pejabat pengadaan.

Melalui kegiatan tersebut diharapkan perangkat daerah yang ditunjuk sebagai pilot projek melaksanakan kosolidasi paket sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan pada akhirnya dapat mewujudkan pengadaan yang lebih efisien, efektif dan akuntabel.

 

Tim Kreatif UKPBJ