Bimtek / Pelatihan Pengadaan Langsung Elektronik (e-PL)


UKPBJ Kota Singkawang mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) e-Pengadaan Langsung (e-PL) bagi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan Pejabat Pengadaan (PP) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Singkawang yang dilaksanakan di Telematics Control Management (TCM) Kantor Wali Kota Singkawang, Selasa (12/01/2021) hingga Kamis (14/01/2021). Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari tersebut diikuti oleh peserta dengan total sebanyak 123 peserta dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemkot Singkawang.

Dilaksanakannya kegiatan Bimtek ini dilatarbelakangi oleh adanya Peraturan Presiden (Perpres) Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah yang mengacu kepada Pasal 5 Bagian e bahwa salah satu Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa adalah menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, serta transaksi elektronik dan Pasal 69 Nomor 1 bahwa Penyelenggaraan Pengadaan Barang/Jasa dilakukan secara elektronik menggunakan sistem informasi yang terdiri atas Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) dan Sistem Pendukung.

Kemudian ditindaklanjuti Peraturan Wali Kota (Perwako) Nomor 68 Tahun 2020 yang mengacu pada Pasal 14 Bagian a bahwa pengadaan langsung secara transaksional dan non transaksional wajib dilaksanakan secara elektronik melalui SPSE untuk Pengadaan Barang dan Jasa Lainnya.

Untuk kedepannya diharapkan para peserta Bimtek agar dapat menjaga integritas, prinsip tata kelola pemerintahan yang baik, transparansi dan akuntabilitas yang sesuai dengan prinsip Pengadaan Barang dan Jasa.

Selain itu, maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan Bimtek ini, yaitu untuk meningkatkan pemahaman para Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan Pejabat Pengadaan (PP) sebagai salah satu pengguna Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) agar sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

TIM KREATIF UKPBJ